Pengertian dan Gejala Penyakit Jantung Lemah

Pengertian dan Gejala Penyakit Jantung Lemah

Jantung lemah merupakan penyakit yang memiliki hubungan dengan otot jantung. Penyakit ini tidak memiliki kaitan dengan penyakit arteri jantung atau darah tinggi. Namun ia mempunyai beberapa tingkatan disfungsi yang bisa dikarenakan oleh penyakit lain. Jantung lemah ini bisa menjadi penyebab detak jantung yang lemah atau tidak beraturan sehingga terjadi gagal jantung pada penderitanya. Untuk mengantisipasi penyakit ini, Anda dapat mengetahui apa saja gejala penyakit jantung ini.

Sebagian kasus dari jantung lemah adalah penyakit turunan yang banyak ditemukan pada anak kecil dan orang yang masih berusia muda. Lemah jantung terjadi saat miokard tidak bisa memompa serta mengirimkan darah ke seluruh bagian tubuh. Selain dipengaruhi struktur otot jantung yang tidak normal, gangguan fungsi ini juga berkaitan dengan beberapa faktor resiko lain seperti rusaknya jaringan jantung karena serangan jantung yang sebelumnya sudah dialami, denyut jantung yang berdetak terlalu cepat, kondisi genetik yang sudah diturunkan, penderita tekanan darah tinggi, gangguan di katup jantung, kekurangan mineral dan vitamin yang penting untuk tubuh, penyalahgunaan alkohol seperti kebiasaan minum beralkohol secara berlebihan hingga bertahun-tahun.

Penyakit ini merupakan penyakit yang muncul saat usia muda dan bisa menyebabkan kematian mendadak untuk para penderitanya. Anda harus mewaspadai munculnya gejala penyakit ini khususnya untuk mereka yang mempunyai sejarah gagal jantung dalam satu keluarga. Gejala dari penyakit jantung lemah seperti pembengkakan di tungkai, pergelangan kaki, tungkai, batuk ketika berbaring, perut kembung yang disebabkan oleh cairan, kelelahan, kesulitan bernafas bahkan ketika beristirahat, denyut jantung yang berubah menjadi kurang beraturan, pusing.

Dalam beberapa kasus, penderita mungkin saja tidak memperlihatkan atau merasakan gejala ini. Anda harus segera menghubungi dokter jika mengalami kesulitan bernafas, sakit di dada yang berlangsung selama beberapa menit. Jantung lemah bisa di diagnosis dari serangkaian tes yang berdasarkan pada gejala yang dirasakan oleh pasien. Selain memeriksa fisik, dokter bisa menanyakan riwayat penyakit dalam keluarga.

Selain gejala penyakit jantung lemah, ketahui pula bagaimana cara pencegahan penyakit ini. Jantung lemah sendiri merupakan kondisi yang belum dapat disembuhkan, sehingga selain penanganan gejala yang dilakukan dengan baik, penderita dapat mengurangi komplikasinya dengan memulai kebiasaan hidup yang jauh lebih sehat. Ada beberapa perubahan gaya hidup yang bisa dilakukan seperti mengurangi berat badan jika mengalami obesitas, mulai kebiasaan olahraga yang tidak berat untuk jantung, menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi pengonsumsian minuman yang beralkohol atur waktu dengan baik agar memperoleh waktu tidur yang cukup, perhatikan asupan makanan dengan menerapkan diet sehat setiap saat termasuk mengurangi kadar sodium dan garam, pastikan mengikuti anjuran dokter saat diberikan jadwal pengonsumsian obat, selain itu agar lebih sehat ganti gula Anda dengan Tropicana.

sumber diambil dari :

http://www.tropicanaslim.com/penyakit-jantung-koroner-mengapa-ditakuti-banyak-orang/

Share