Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Secara Simple Tapi Efektif

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Secara Simple Tapi Efektif

Air susu Ibu maupun jenis susu formula memang sangat rentan terkontaminasi oleh kuman/bakteri. Selain itu, kekebalan tubuh si kecil juga belum sepenuhnya mampu berkembang dengan baik sehingga mereka mudah terserang penyakit. Inilah perlunya dilakukan sterilisasi dan pembersihan botol susu bayi secara rutin. Nah, bagaimana cara membersihkan botol susu bayi yang benar? Sebenarnya Bunda hanya memerlukan Sunlight anti bakteri/kuman, sikat botol dan air panas saja. Perlu Bunda ketahui, Sunlight anti bakteri/kuman tak hanya berfungsi sebagai pembersih peralatan dapur saja, tetapi juga mampu membersihkan botol susu bayi yang rentan terkontaminasi bakteri. Agar lebih jelas, Bunda pahami cara membersihkan botol susu bayi secara simple tapi efektif dibawah ini.

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Secara Simple

  • Bilaslah botol susu bayi dengan menggunakan air hangat setelah digunakan. Kemudian pisahkan bagian-bagian botol seperti puting karet, tutup botol dan bagian-bagian lainnya untuk mempermudah Anda membersihkan botol.
  • Setelah itu, bersihkanlah wastafel terlebih dahulu agar kotoran sisa makanan maupun bahan-bahan kimia yang mungkin saja tertinggal pada wastafel bisa hilang. Gunakanlah spons untuk membersihkan permukaan wastafel. Dianjurkan untuk gunakan Sunlight sebagai disinfektan.
  • Isilah wastafel menggunakan air hangat dan masukkan beberapa tetes Sunlight, lalu rendam botol susu bayi kurang lebihnya 5 menitan.
  • Gunakanlah sikat botol jika ingin membersihkan bagian botol paling bawah dan sisi-sisi botol. Bersihkan juga bagian botol yang lainnya seperti puting karet dan tutup botol yang rentan sebagai tempat berkumpulnya kuman.
  • Bilas dan tempatkanlah botol susu di rak botol, tapi usahakan ada ventilasi udara dalam ruangan rak botol.

Nah, mudah bukan cara membersihkan botol susu bayi? Namun perlu Bunda ingat, sebelum menggunakan kembali botol susu tersebut, disarankan untuk mensterilkan botol susu terlebih dahulu. Khususnya jika botol susu berada pada proses penyimpanan. Cara mensterilkan botol susu bisa Anda lakukan dengan cara memasukkan air panas dalam botol atau merendam botol pada air panas agar kuman/bakteri tidak mudah masuk dalam botol. Setelah dilakukan sterilisasi, baru botol susu tersebut bisa digunakan. Semoga bermanfaat!

Share